Selasa, 14 Maret 2017

Review pertemuan 2

Assalamu'alaikum wr. Wb

Halo guys, Kali ini saya akan mereview pertama mata kuliah jurnalistik tentang Wawancara berkelompok mengenai masalah-masalah ata kegiatan yang berlangsung i UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya di prodi PGMI. Pada pertemuan pertama ini kami melakukan wawancara yang dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok bebas menentukan tema atau topik dari wawancara yang akan dilakukan. Berikut ini kesimpulan dan hasil wawancara dari setiap kelompok.

Kelompok 1
Tema yang dipilih adalah kebersihan gedung E1, FTK UINSA Surabaya dengan narasumber cleaning service gedung E1. Menurut kelompok 1 topik ini dipilih untuk mengetahui sebagaimana bersihnya kebersihan di Gedung E1, selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui curahan hati atau pesan yang disampaikan olehcleaning service kepada mahasiswa yang bandel terhadap kebersihan. Menurut pegawai cleaning service masih banyak mahasiswa yang kurang peduli terhadap kebersihan sekitarnya padahal dia ikut menggunakan gedung E1. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa dan cleaning service dapat bekerjasama untuk menjaga kebersihan gedung E1.

Kelompok 2
Tema yang dipilih adalah adanya matkul baru yaitu kepramukaan diJurusan PGMI dengan narasumber mahasiswa PGMI dan pegawai perpustakaan PGMI. Topik atau tema ini dipilih karena dianggap mahasiswa semester 2 masih banyak yang bertanya mengapa pramuka dijadikan sebagai mata kuliah? Karena saat ini pramuka disekolah dasar atau MI diwajibkan. Oleh karena itu calon guru MI atau SD diharapkan mempunyai bekal tentang kepramukaan yang dapat bermanfaat jika menjadi pembina pramuka sehingga sekolah tidak perlu mendatangkan pembina dari luar.

Kelompok 3
Tema yang dipilih oleh kelompok ini adalah kegiatan mahasiswa pada waktu liburan dengan narasumber mahasiswa PGMI. Ternyata tidak sedikit mahasiswa yang mengisi waktu luangnya untuk berorganisasi baik organisasi intra, ekstra dan UKM terutama anak perantauan. Melalui kegiatan organisasi ini mahasiswa mendapatkan ilmu dan juga pengetahuan. Tapi ada juga yang menghabiskan libur semesternya dengan bekerja, ada juga yang hanya di rumah membantu orang tua.

Kelompok 4
Tema yang dipilih oleh kelompok ini adalah organisasi yang ada di PGMI yaitu HMP PGMI. Dengan narasumber salah satu anggota HMP PGMI. HMP merupakan suatu organisasi yang menampung bakat dan minat mahasiswa PGMI. Menurut narasumber organisasi itu penting, didalam organisasi kita tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga mendapatkan pengalaman yang kelak dapat digunakan ketika terjun di lapangan masyarakat. Selain itu jika kita aktif di dalam HMP PGMI bakat dan minat kita dapat tersalurkan melalui program-program yang dilaksanakan oleh HMP PGMI.
Kelompok 5
Tema yang dipilih oleh kelompok ini adalah pembangunan gedung FEBI yang menuai protes dari mahasiswa. Dengan narasumber mahasiswa dari FEBI itu sendiri. Yang menjadi masalah adalah kegunaan gedung FEBI baru yang beberapa ruangannya digunakan sebagai ruang aktivitas mahasiswa. Meskipun hal tersebut belum resmi di sahkan namun menuai protes dari beberapa mahasiswa. Sebagian mahasiswa mengatakan setuju karena dengan disediakannya ruang, aktivitas mahasiswa lebih terkordinir tidak perlu lagi mencari tempat untuk rapat dan membuka stan bagi aktivitasnya. Namun beberapa mahasiswa tidak setuju lantaran ada sebagian kelas yg tidak layak atau perlu dibenahi tetapi tetap saja digunakan, bahkan ada juga yg tidak mendapatkan kelas.

Oke guys, itu tadi review materi yang dapat saya sampaikan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar