Minggu, 19 Maret 2017

Review materi ke-4

Review materi ke-4

Hallo guys,  nggak kerasa nih mata kuliah jurnalistik sudah pertemuan ke empat, berarti sudah berjalan satu bulan kuliah semester dua. Pada pertemuan ke empat kini kami membahas tentang apa sih jurnalisme itu? Dan apa saja yang ada didalamnya?.

Berikut ini sedikit review dari saya tentang jurnalisme dan hal-hal yang ada didalamnya.
Jurnalistik atau jurnalisme merupakan suatu catatan tentang kejadian sehari-hari.  Dalam jurnalisme ada yang namanya pers, tentu kita sering mendengar kata pers. Pers adalah media, baik media cetak maupun media massa. Pers lahir dari naluri alamiah manusia untuk mengetahui apa yang tejadi disekitarnya.  Pers berfungsi untuk mengantarkan informasi kepada khalayak umum yang dilakukan secara sistematis,  terorganisir,  seiring berkembangnya teknologi.
 Selain itu pers mempunyai fungsi lain yaitu : to inform untuk menginformasikan secepatnya,  to educate untuk mendidik,  to influence untuk mempengaruhi dan kontrol sosial,  to entertaint untuk menghibur,  to immediate untuk mediasi atau menghubungkan.

Kegiatan jurnalisme nampaknya sederhana yaitu "hanya" mengumpulkan,  menulis,  dan menyiarkan informasi namun sebenarnya kegiatan jurnalistik sangat komplek dan rumit,  sebab ada tarik menarik dalam berbagai kepentingan, kekuatan politik,  dan keamanan dari kepentingan ekonomi atau bisnis. Tulisan dimedia biasanya berisi tiga kategori : Fakta,  meliputi : berita dan feature (karangan khas). Dan Opini,  meliputi : tajuk rencana, artikel,  pojok, karikatur, dan surat pembaca. Serta Iklan atau advetorial.
Kegiatan jurnalistik bertujuan menghasilkan tulisan berisi fakta,  bukan pendapat atau imajinasi wartawan. Kegiatan jurnalistik pada dasarnya adalah kegiatan untuk memindahkan realitas empirik kedalam realitas media-media. Realitas media bukanlah realitas empirik,  karenanya harus memenuhi standar obyektivitas. Ada 2 macam obyektivitas yaitu : Faktualitas yaitu kebenaran dengan relevansi (fakta yang ditampilkan harus relevansi), importialitas keseimbangan dan netralitas.

Selain itu kami juga membahas tentang perbedaan informasi dan berita serta perbedaan pers dan media sosial.
Informasi dan berita
Informasi adalah potongan pesan atau kumpulan pesan awal yang yang disampaikan seseorang dan diterima oleh orang lain. Sedangkan Berita adalah kumpulan informasi media yang telah dicek kebenarannya dan diverifikasi sebelum disampaikan kepada publik atau masyarakat luas. Perbedaannya terletak pada kebenaran atau aktualisasinya, jika informasi belum tentu kebenarannya, maka berita sudah pasti kebenarannya dan aktual.

Pers dan Media sosial
Perbedaan pers dan media sosial sangat jelas jika pers menghasilkan berita maka media sosial hanya menghasilkan informasi. Pers cara produksinya bedasarkan kompetensi wartawan,  sedangkan media sosial melalui komunikasi siapa saja. Pers ada ketuanya yaitu tim redaksi dan standarisasi sedangkan media sosial individu. Pers mempunyai kode etik jurnalistik sedangkan medsos tidak ada. Pers sendiri mempunyai beberapa jenis yaitu pers berkualitas,  pers populer,  pers kuning,  pers komunitas, pers lokal,  pes nasional,  dan pers internasional.

Demikian review dari saya,  semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar