Senin, 29 Mei 2017

Atasi kurangnya pembina, PGMI bekali mahasiswanya dengan Matkul pramuka

Atasi Kurangnya Pembina, PGMI Bekali Mahasiswanya dengan Matkul Pramuka


Pada tahun pelajaran 2016-2017, Kementerian pendidikan dan budaya (kemendikbud) mengeluarkan kebijakan baru yaitu mewajibkan kegiatan pramuka bagi siswa SD/MI. Sebagian besar sekolah telah melaksanakannya bahkan ada juga sekolah yang dari tahun sebelumnya sudah mewajibkan siswanya untuk mengikuti pramuka. Namun, masih ada beberapa sekolah yang belum menerapkan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pembina pramuka di sekolah tersebut.

 Menurut Bu Ninik salah satu pegawai perpustakaan PGMI yang diwawancarai pada Senin, 20 Februari 2017 mengenai adanya matakuliah baru yaitu mata kuliah pramuka di prodi PGMI. Mata kuliah ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi kurangnya pembina pramuka. "Kurikulum tahun ini sama tahun lalu berbeda, dimana pramuka mulai tahun ini diwajibkan, meskipun begitu masih banyak sekolah yang belum melaksanakan kewajiban pramuka disekolahnya dikarenakan kurangnya pembina pramuka". Katanya. Memang pada umumnya sekolah-sekolah memanggil pembina pramuka dari luar atau alumni yang bisa mengajar dipanggil untuk dijadikan pembina di sekolah tersebut. " Biasanya Sekolah mendatangkan guru dari luar untuk menjadi pembina pramuka, Oleh karena itu PGMI membekali mahasiswanya dengan mata kuliah pramuka, sehingga diharapkan guru kelas juga mampu mengajar pramuka agar tidak repot-repot mendatangkan guru lain" tuturnya.

 Menurut beliau Mata kuliah pramuka sangat penting bagi calon guru untuk melatih mengajar. Selain itu sertifikat dari mata kuliah pramuka ini juga dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti skripsi. "Banyak sekali manfaat dari adanya mata kuliah ini, diantaranya sebagai calon guru banyak sekali mendapat pengetahuan cara mendidik dan membentuk karakter anak, cara mengajar yang baik dan nyaman buat anak . Selain itu nanti mahasiswa mendapakant sertifikat, yang sertifikatnya berguna sebagai salah satu syarat untuk skripsi". Ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar